General Article

Kenapa NAUI ?

Kali ini kita akan bahas dalam bahasa indonesia saja, berhubung issue yang beredar di kalangan orang indonesia saja.

Belakangan muncul video yang entah viral entah tidak yang menceritakan mengenai beberapa Agency Scuba Diving di dunia dan salah satunya menyebutkan NAUI. Yaa NAUI merupakan salah satu agency scuba diving di dunia yang memiliki sistem dan menerbitkan sertifikas Scuba Diving Rekreasi di dunia. Sebelum kita membahas beberapa hal terkait tayangan tersebut perlu kita pahami terlebih dahulu definisi dari Scuba Diving Rekreasi.

Terkait menyelam, banyak kegiatan yang dilakukan dalam menyelam , salah satunya adalah menyelam rekreasi atau menyelam dengan menggunakan Scuba untuk kegiatan rekreasi. Rekreasi artinya relaks, santai, menghibur dan menyenangkan, selain tetap aman. Selain menyelam rekreasi ada juga yang dikenal sebagai menyelam militer, menyelam scientific, dan menyelam komersial dan lain -lain.

Menyelam komersial atau Commercial Diving atau yang juga diterjemahkan sebagai Occupational Diving atau menyelem pekerjaan dalam air adalah suatu kegiatan menyelam yang keperluannya adalah melakukan suatu pekerjaan, bukan rekreasi. Termasuk dalam pekerjaan menyelam ini adalah mengelas, memasang kabel atau konstruksi dan termasuk penyelaman terkait kegiatan di oil and gas yang mungkin banyak di film-film. Jadi jelasnya ada menyelam komersial dan ada menyelam rekreasi yang masing-masing sangat berbeda. Berbeda karena jenis pelatihannya berbeda. Kalau kita mengambil sertifikasi menyelam rekreasi , maka sertifikat tersebut tidak dapat digunakan untuk menyelam komersial (commercial diving), sebaliknya sertifkasi menyelam komersial juga tidak dapat digunakan untuk rekreasi. Secara hukum dengan ketentuan peraturan menteri sudah jelas perbedaan dimaksud sebenarnya. Silahkan pelajari lebih lanjut bagi yang berminat. Dari sisi kegiatan menyelamannya juga berbeda, kalau menyelam rekreasi adalah hanya menggunakan SCUBA yang memiliki banyak keterbatasan, misalnya bahwa menyelam rekreasi adalah menyelam dengan No-Dekompresi, sedangkan menyelam komersial adalah kebanyakan menggunakan Surface-supplied diving atau peralatan pernapasan dengan udara di supply dari atas. Untuk detail mengenai berbagai macam jenis penyelaman dapat dilihat lebih lanjut di sini (https://en.wikipedia.org/wiki/Professional_diving).

Lantas apa dan siapa NAUI.

NAUI (National Association of Underwater Instructor) adalah suatu oraganisasi nir-laba yang didirikan Tahun 1960 yang membuat dan memiliki sistem dan standarisasi internasional untuk  pelatihan Scuba Diving rekreasi. Penjelasan yang lebih netral tentang NAUI dapat dilihat di https://en.wikipedia.org/wiki/National_Association_of_Underwater_Instructors  atau langsung browsing ke web resmi dari NAUI ( https://naui.org ).

NAUI saat ini memiliki semboyan “The Definition of Diving“, kenapa ? karena memang NAUI adalah selalu yang pertama dikegiatan Scuba Diving (rekreasi). Silahkan browsing lebih detail dan cari tahu apakah demikian. Sejarah berdirinya NAUI dapat dilihat di sini. Dan jelas untuk kegiatan standarisasi pelatihan scuba diving minimal di Amerika NAUI adalah yang pertama. Demikian juga dengan beberapa pelatihan terkait pengembangan scuba diving rekreasi, misalnya pelatihan NITROX atau pelatihan Technical Diving. Walaupun demikian, kami sebagai profesional NAUI Instructor tentunya tidak perlu berbangga diri menjadi yang pertama. Karena tidak ada guna menjadi yang pertama kalau hanya menjadi pelajaran sejarah, material museum dan ketinggalan jaman.

https://www.youtube.com/watch?v=ynZGotgvJz4

NAUI juga memiliki semboyan “Dive Safety Through Education” yang artinya kegiatan scuba diving harus aman namun tidak meninggalkan unsur kesenangan (fun). Pendidikan scuba diving NAUI mulai dari jenjang terdasar sampai dengan lanjut dan pro menitikberatkan keharusan setiap student untuk belajar dengan optimal untuk selalu meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam diving. Banyak materi materi pelatihan di NAUI yang menekankan kemampuan untuk meningkatkan keamanan, demi mendapatkan kenyamanan dalam diving , termasuk dalam memiliki kemampuan mensupport diver lain (rescue). Salah satu filosofi pelatihan dalam NAUI adalah bahwa setiap orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan scuba diving di laut terbuka  — termasuk level dasar– maka dia sudah perlu memiliki kemampuan untuk diving dengan aman dan bahkan mampu melakukan rescue.

Beberapa filosofis Leadership NAUI dapat dilihat di video dibawah ini :

Salah satu filosofis pengajaran di NAUI yang perlu tetap dipegang seorang NAUI Instructor adalah konsep “Teaching the Love One”. Artinya, bagaimana NAUI Instructur mengajar adalah seolah semua murid adalah seorang yang kita cintain. Apakah kita bersedia menyerahkan seorang yang kita cintai kepada seorang instructor untuk belajar scuba diving ?.. Seorang instructor NAUI wajib mengajar kepada setiap muridnya dengan passion dan kesabaran , sama seperti kita mengajarkan kepada orang yang kita sayangi.  Oleh sebab itu, jika ada yang mengatakan bahwa pendidikan scuba diving di NAUI itu berat karena harus spartan, angkat2 tangki, push up, lari-lari keliling kompleks, maka jelas itu HOAX. Karena yang benar, semua instruktur NAUI harus mengajar dengan cinta, karena kita ingin semua orang yang kita cintai selamat dan nyaman dalam diving.

Jika ada yang mengatakan bahwa NAUI adalah organisasi pendidikan diving yang banyak digunakan untuk pekerjaan mengelas dalam air maka pernyataan tersebut adalah salah besar. Karena, dari awalnya NAUI didirikan untuk kegiatan menyelam rekreasi, sama dengan agency menyelam rekreasi yang banyak bertebaran sekarang. Hanya saja, — sekali lagi, NAUI adalah yang didirikan di awal-awal, kalaupun tidak mau disebut yang pertama,– adalah pendidikan scuba diving yang sangat menekankan keamanan dan kenyamanan.

Apakah pendidikan scuba diving di NAUI lebih sulit dibandingkan pendidikan sertifikasi diving di agensi lainnya? Tentu jawabnya relatif tidak demikian.  Saat ini jenjang-jenjang pendidikan scuba diving rekreasi NAUI telah memiliki sertifikasi ISO dan NAUI juga merupakan anggota dari WRSTC (The World Recreational Scuba Training Council). Dan oleh sebab itu, dari sisi kualitas dan standard tentu tidak diragukan lagi. Namun tidak itu saja, bahwa salah satu filosofi pengajaran pendidikan scuba diving di NAUI adalah untuk selalu menekankan keamanan. Instruktur NAUI dipersilahkan untuk menambahkan materi untuk para muridnya untuk demi meningkatkan keamanan dan kenyaman , namun tidak sampai membebani murid tersebut. Merasa nyaman dalam berkegiatan secuba diving adalah apabila kita aman dan merasan aman.

Kenapa NAUI Kurang dikenal ?

Dari awal, NAUI didirikan sebagai organisasi pendidikan Nir-Laba, artinya tidak untuk mencari keuntungan finansial. Saat ini NAUI memiliki research center dah bahkan universitas di Amerika untuk meningkatka kualitas pendidikan dan keamanan dalam scuba diving.  Namun karena tidak didirikan untuk kepentingan komersial, maka dana untuk marketing dan publikasi adalah sangat terbatas. Publikasi NAUI adalah melalui para diversnya yang melakukan kegiatan diving dengan aman dan nyaman (fun).

Bahkan, bagi beberapa member senior di NAUI berpendapat lebih baik memiliki sedikit murid yang berkualitas dibanding memiliki banyak murid yang hanya medioker diver alias diver yang berkemampuan rata-rata saja. Dengan berkembangnya teknologi, sistem pengajaran NAUI juga sudah berkembang dengan sistem Online, belajar sendiri melalui aplikasi digital. Namun demikian, sekali lagi karena menekankan keamanan dan kenyamanan, banyak instruktur NAUI yang percaya bahwa tatap muka dan berdiskusi secara langsung akan memberikan dampak pemahaman yang lebih baik bagi student.

NAUI juga sangat mendukung dan selalu mengkampanyekan diving yang ramah lingkungan. Melalui gerakan green divers ( http://www.nauigreendiver.org/) NAUI selalu mengajak semua orang berkegiatan diving dengan ramah lingkungan.

Pilihan di Anda …..

Jika anda ingin menjadi diver yang aman, percaya diri dan nyaman dalam melakukan kegiatan diving, maka anda dapat memilih pendidikan di NAUI. Sebaliknya jika anda cuma sekedar ingin mendapatkan sertifikat secara cepat dan “mudah”, mungkin anda akan salah alamat jika belajar dengan cara NAUI.

Pilihan di anda……., selamat belajar diving dengan aman dan nyaman…..

2 thoughts on “Kenapa NAUI ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *