Blog and Story

Menyelam Rekreasi dan Penemuan Aqualung

Menyelam sudah dikenal lebih dari 5000 tahun lalu.

Aparatus Menyelam pertama  dikembangkan oleh Benoit Rouquayrol dan Auguste Denayrouse, yang termasuk helm selam, tangki udara terkompresi dan regulator, yang belum sempurna.

Studi pertama tentang penyakit dekompresi pada tahun 1870 oleh Dr Andrew H Smith yang  melaporkan pengetahuan tentang efek pembentukan Nitrogen Bubbles dalam darah. Paul Bert membuat hubungan ini pada tahun 1878 dan membuat proposal pertama dalam sejarah scuba diving, bahwa perawatan harus dilakukan dengan hiperbarik.

John Scott Haldane melalui penelitiannya pada tahun 1908 menyusun tabel penyelaman pertama, yang digunakan untuk menghindari ‘bends’ akibat dekompresi.

Pada tahun 1917, Angkatan Laut Amerika Serikat mulai menggunakan Mark V Diving Helmet untuk semua pekerjaan penyelaman bawah lautnya, menggunakan desain yang sebagian besar tidak berubah sampai tahun 1980-an.

Pada tahun 1930-an, fins dan masker dikembangkan dari karet dan kaca.

Pada tahun 1943  Jacques-Yves Cousteau dan Emile Gagnan, menemukan alat suplai udara yang dapat dibawa sendiri (Self Contained Underwater Breathing Apparatus).

Mereka awalnya memberikan nama tabung udara itu sebagai Aqua-lung (paru-paru air).

Cara kerja Scuba prinsipnya serupa dengan yang dikembangkan oleh Rouquayrol-Denayrouse pada abad sebelumnya. Scuba memberikan akses masyarakat melakukan aktivitas yang dulunya hanya didominasi militer.

Program televisi Sea Hunt yang dibintangi Lloyd Bridges-The Sea Hunter mempopulerkan scuba diving sangat menarik ribuan orang ke dalam aktivitas ini.

Sungguh menakjubkan bahwa acara televisi bisa memiliki peran penting dalam sejarah scuba.  Peningkatan kecelakaan saat olahraga yang menjadi populer ini mendorong pembentukan NAUI (National Association of Underwater Instructors) pada 1960, untuk melatih dan mensertifikasi penyelam.

Tanpa kegiatan pelatihan yang tepat  dapat dibayangkan resiko dalam melakukan aktivitas itu. Pelatihan juga  untuk memastikan bahwa orang-orang tahu di mana resiko itu berada.

Pada tahun 1970-an ditemukan Bouyency Compensator Device (BCD) dan regulator single hose, kemudian diikuti penemuan Dive Comouter pada Tahun 1980-an.

Pada tahun 1974, Cousteau mendirikan organisasi The Cousteau Society. Organisasi ini bergerak di bidang pemeliharaan dan perlindungan dunia bawah laut. Berkat usahanya itu, pada tahun 1985 ia mendapatkan penghargaan Medali Perdamaian dari Presiden AS, Ronald Reagan.

Scuba berkembang dengan cepat sehingga berkembang menjadi 3 macam tipe dasar:

  1. Open Circuit Scuba (Seluruh udara buang langsung dikeluarkan ke lingkungan sekitarnya).
  2. Closed Circuit Scuba (Seluruh udara buang dimasukkan lagi ke sistem didaur ulang).
  3. Semiclosed Circuit Scuba (kombinasi dari keduanya).

Tipe Penyelaman

  • Penyelaman dangkal, maksimum 18 meter
  • Penyelaman dalam, kedalaman > 18 m.

Jika didasarkan kepada tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan itu, penyelaman bisa dibedakan menjadi :

Penyelaman untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara, antara lain:

  • Tactical (Combat) diving yaitu penyelaman untuk tugas-tugas tempur
  • Submarine Rescue, penyelamatan kapal selam
  • Search & Rescue (SAR)
  • Inspection & Repair (inspeksi dan perbaikan)
  • Ship Salvage

Sementara, penyelaman di bawah ini banyak dilakukan oleh masyarakat sipil.

  • Penyelaman Rekreasi. Penyelaman yang dilakukan untuk kepentingan meningkatkan kesehatan dan kebugaran jiwa.
  • Penyelaman Komersial. Yaitu penyelaman professional antara lain untuk kepentingan konstruksi di bawah permukaan air, penambangan lepas pantai (Off shore drilling)
  • Penyelaman Ilmiah (Scientific Diving). Penyelaman yang dilakukan untuk kepentingan ilmiah, antara lain : penelitian biologi, geologi, arkeologi dan kelautan. (Buku Scuba Diving, Petualangan Bawah Air)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *