Blog and Story

Sejarah NAUI Mempengaruhi Dunia Penyelaman Menjadi Lebih Aman dan Nyaman

National Association of Underwater Instructor (NAUI) adalah asosiasi nirlaba. Asosiasi ini mengeluarkan sertifikasi selam rekreasi dan organisasi ini didirikan untuk menghasilkan penyelam berstandard internasional melalui program pendidikan nya.

Badan ini didirikan pada tahun 1960 oleh Albert Tillman dan Neal Hess.  Saat ini, NAUI berkantor pusat di Tampa, Florida , AS dengan anggotanya terdiri dari instruktur selam , resor, toko, pusat layanan dan pelatihan, yang tersebar loaksinya di Jepang, Afrika Selatan, Timur Tengah, Eropa, Brasil, dan Asia Pasifik .

NAUI secara resmi qualified terhadap CE (https://en.wikipedia.org/wiki/CE_marking) dan memiliki sertifikasi dari Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) yang  disertifikasi pada Mei 2007 di semua tiga tingkat penyelam dan kedua tingkat instruktur dan disertifikasi ulang untuk Program Scuba Diving sebagai memenuhi standar ISO dan Federasi Bawah Air Eropa pada 24 November 2015.

US Internal Revenue Service menetapkan bahwa NAUI menjadi organisasi pendidikan nirlaba yang bebas pajak pada tahun 1971.

Dalam organisasi NAUI, standar agensi, kebijakan, dan etika diatur oleh Dewan Direksi Asosiasi, yang anggotanya masing-masing dipilih melalui proses pemilihan yang demokratis oleh keseluruhan anggota instruktur.

Sejarah

Setelah Jacques-Yves Cousteau memperkenalkan Aqualung (paru-paru air) ke pasar, terjadi minat yang semakin besar terhadap scuba diving oleh publik dan kebutuhan selanjutnya adalah untuk menyusun suatu sistem pelatihan.

Pada Tahun 1951, Jim Auxie Jr dan Chuck Blakeslee memulai sebuah majalah bernama The Skin Diver (kemudian berganti nama menjadi Skin Diver Magazine ). Neal Earl Hess yang menjadi Instructor menyelam selama dua tahun  kemudian berkontribusi pada kolom “The Instructors Corner” untuk menginformasikan pembaca tentang scuba diving. Ia segera membuat kolom yang disebut “The National Diving Patrol” sebagai bagian untuk memberi nama “instruktur” snorkeling dan selam scuba.

Namun, pada waktu itu tetap belum  ada pelatihan resmi dan lembaga sertifikasi yang ada, kecuali pelatihan dan sumber daya yang disediakan oleh militer (Tim Penghancur Bawah Air) dan klub selam.

Pada Tahun 1952, Al Tillman, direktur olahraga untuk  L.A. County Parks and Recreation,  mengatakan dalam surat kepada direktur Parks and Recreation Paul Gruendyke, bahwa “Olahraga baru — skin diving — menjadi populer di daerah tersebut. “Baru-baru ini ketika menyelam di Palos Verdes, saya bertemu dengan beberapa penyelam di dalam air yang tidak tahu apa yang mereka lakukan. Salah satu nya memiliki unit peralatan scuba baru yang memungkinkan penyelam tinggal di bawah untuk waktu yang lama … Saya mengusulkan agar departemen saya terlibat dalam olahraga ini dan memberikan kelas pelatihan. Saya percaya bahwa kegiatan menyelam akan tumbuh di masa depan dan kami memiliki kewajiban untuk membuat olahraga ini menjadi seaman mungkin, ” katanya Al Tillman.

Pada tahun 1955,Tillman dan penjaga pantai LA County Bev Morgan menciptakan Kursus Sertifikasi Instruktur Bawah Air Taman dan Rekreasi Daerah LA (1UICC) sebagai upaya untuk menanggapi meningkatnya permintaan menjadi penyelam. Ini adalah program pelatihan sipil pertama di dunia yang mengesahkan penyelam rekreasi dan kemudian segera menjadi program sertifikasi kepada instruktur selam di seluruh negeri.

Dalam Majalah Skin Diver terbitan Buan Mei Tahun 1960 , The National Diving Patrol  diumumkan sebagai organisasi nasional resmi. Tujuan dan fungsinya adalah “untuk memastikan instruksi bawah laut yang kompeten dan mengurangi kecelakaan menyelam melalui pendidikan.” Pada tahun 1959,The National Diving Patro namanya diubah menjadi National Association of Underwater Instructor (NAUI).

Hess, Blakeslee, Auxier, dan Tillman (NAUI # 1) bertemu pada bulan Agustus 1960 untuk membahas dan mengatur Kursus Sertifikasi Instruktur (ICC) pertama NAUI yang diadakan di Shamrock Hotel di Houston, Texas pada Tanggal 22-26 Agustus.

Selama kursus enam hari tersebut, 72 oranng kandidat hadir dari AS dan Kanada, tetapi hanya 53 yang lulus. Dari 53 orang lulusan dan instruktur tersebut. mereka menjadi anggota instruktur pertama dari Asosiasi Nasional Instruktur Bawah Air. NAUI  Instructor Certification Course (ICC) tersebut menjadi kursus pertama yang membuat sertifikasi penyelam tersedia di seluruh dunia secara internasional.

Setahun kemudian, NAUI ICC kedua diadakan di Toronto , Ontario, Kanada,  di bawah arahan Ben Davis (NAUI #6)

Pada Oktober 1961, NAUI secara resmi didirikan di Negara Bagian California sebagai organisasi pendidikan nirlaba, dengan Al Tillman sebagai Presiden dan Neal Hess sebagai Sekretaris Eksekutif.

Dewan Direksi terpilih pertama NAUI termasuk Al Tillman (NAUI # 1), John C. Jones, Jr (NAUI # 2), Neal Hess (NAUI # 3), Garry Howland (NAUI # 13), Jim Auxier, (NAUI # # A4), dan James Cahill, (NAUI # 85).  Dewan Penasihat yang diangkat  termasuk Kapten Albert Behnke, Jr., Komandan George Bond, Kapten Jacques-Yves Cousteau, dan Dr. Andy Rechnitzer.

Jumlah NAUI ICC tumbuh sepanjang 1960-an yang berpusat di lokasi seluruh Amerika Utara . Kegiatan bisnis asosiasi bergantung pada sukarelawan dan pimpinan dewan daerah, yang semuanya dikelola melalui Al Tillman.

Skin Diver Magazine menerbitkan “Halaman NAUI” sebagai fitur reguler untuk membantu organisasi tumbuh, mengumpulkan biaya gaji, dan kemudian untuk menyediakan ruang kantor.

Konferensi Internasional tentang Pendidikan Bawah Air pertama (ICUE, IQ) diadakan pada tahun 1969 di Santa Ana College , di mana itu berfungsi sebagai tempat bagi anggota NAUI dari seluruh penjuru dapat bertemu dan bertukar ide. Itu juga digunakan sebagai forum untuk menyajikan informasi tentang keterampilan dan keselamatan selam, pengajaran, fisiologi selam, fisika, dan ilmu selam dan kelautan lainnya.

Segera, keanggotaan NAUI mulai berkembang secara internasional — ICC diadakan di Jepang pada tahun 1970 dan NAUI Kanada diorganisasikan dan dikelola sebagai perusahaan terpisah pada tahun 1972.

Instruktur NAUI mensertifikasi lebih dari 40.000 penyelam tingkat pemula di tahun 1970 saja; 1979 adalah tahun dengan lebih dari 5.000 instruktur scuba NAUI baru bersertifikat. Pada saat 1989 datang, lebih dari 12.000 instruktur NAUI disertifikasi. NAUI Worldwide telah membangun jaringan 20 pusat layanan pada tahun 1998.

Dari 1981 hingga 1997, fasilitas kantor pusat NAUI tetap di Montclair, California . Selama tahun-tahun ini (tahun 1987) Dewan Direksi NAUI memilih presiden wanita pertamanya: Nancy Guarascio (NAUI # 5008).

Pada tahun 1997, kantor pusat NAUI Worldwide dipindahkan ke Tampa, Florida dan memasukkan anggota Dewan Direksi dari Eropa dan Asia untuk pertama kalinya.

NAUI mempekerjakan Jim Bram sebagai Presiden pada Juni 1995. Bram mengganti nama NAUI untuk melakukan bisnis menjadi NAUI Worldwide, dengan maksud untuk memberikan dukungan bisnis kepada anggota di mana pun melalui pusat layanan berlisensi.

Pada 9 Januari 2015, Jim Bram (Presiden dan CEO) untuk NAUI Services Group (NSG) mengumumkan pengunduran dirinya. Kepemimpinannya telah mengabdi selama tahun layanannya untuk NAUI dan NAUI Services Group.

Layanan NSG dirancang untuk meningkatkan pendapatan bersih anggota NAUI melalui peluang ekonomi, sosial, pemasaran, komunikasi, dan pendidikan. Tugas NSG adalah untuk mewakili kepentingan anggota NAUI, yang mewakili satu-satunya pemegang saham, dan melindungi aset dan kredibilitas Asosiasi.

Pada 20 Januari 2015, Dewan Farmasi Ohio mengamandemen Kode 4729-21-06 untuk Penjualan oksigen medis kepada penyelam scuba. Kode tersebut memberi wewenang kepada individu yang menyelesaikan kursus dari NAUI untuk membeli dan memiliki oksigen medis untuk keperluan perawatan darurat atau perawatan di lokasi darurat penyelaman.

Pada November 2015, NAUI merilis serangkaian pengumuman selama DEMA Show 2015 di Orlando, Florida . Seri podcast pertamanya, “Dive Team Report”, dirilis sekali per minggu. Podcast dirancang untuk memberi informasi kepada masyarakat umum dan penyelam tentang tren dan masalah yang memengaruhi olahraga selam. Episode penuh pertama ditayangkan pada 12 November 2015.

Di even tersebut juga disampaikan serangkaian pengumuman lainnya termasuk kampanye pemasaran baru “The Definition of Diving,”  versi demo dari antarmuka situs web baru (versi 1.0),  dan aliansinya dengan Divers Alert Network (DAN) dan  Performance Freediving International (PFI)).

Untuk pertama kalinya, NAUI dan DAN secara bersama  menawarkan program pertolongan pertama (First Aid) dengan materi dari DAN kepada para penyelam dan anggota NAUI.  Selanjutnya NAUI menetapkan dan memasukkan kursus pertolongan pertama DAN-NAUI dengan merek bersama ke dalam kurikulum mereka. (tata)

Artikel diterjemahkan dari : https://en.wikipedia.org/wiki/National_Association_of_Underwater_Instructors