Menyelam Menggunakan Enriched Air Nitrox

Menyelam dengan menggunakan tangki udara, tentu sering melihatnya. Bagaimana dengan penyelam yang menggunakan tangki berlabel Nitrox, yang biasanya berwarna hijau dan kuning.

Enriched Air Nitrox atau umum disebut sebagai Nitrox, atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Udara Diperkaya.

Udara yang kita hirup saat bernafas mempunyai komposisi 79% gas nitrogen dan 21% gas oksigen (gas – gas lain jumlahnya sangat sangat kecil). Untuk metablisme tubuh, kita hanya memerlukan gas oksigen,

Sedangkan gas nitrogen adalah gas inert secara fisiologis, yang artinya gas yang tidak digunakan tubuh untuk metabolisme, tetapi tetap berada di dalam tubuh kita.

Gas nitrogen inilah yang membatasi waktu menyelam karena dia terserap di dalam tubuh dan dilepaskan secara perlahan.

Enriched Air Nitrox (EANx) adalah udara yang diperkaya, dimana komposisi gas oksigen lebih besar dari pada 21%. Tujuannya adalah mengurangi persentase gas nitrogen, sehingga kita dapat menyelam lebih lama.

Dengan menggunakan udara diperkaya (Enriched air Nitrox) waktu interval penyelaman semakin  pendek, dan penyelam dapat segera turun kembali dalam air dengan lebih cepat.

Enriched Air Nitrox bukannya tanpa resiko. Penyelam perlu membatasi kedalaman penyelaman untuk menghidari terjadinya keracunan gas oksigen.

Di samping itu penyelam perlu menganalisa persentase oksigen secara akurat, menghitung kedalaman maksimum dan mengatur komputer selam dengan benar untuk terhindar dari masalah ini.

NAUI Enriched Air Diver merupakan kursus diving khusus (specialty) yang populer. Scuba diving dengan udara diperkaya (atau Enriched Air Nitrox) memberi waktu penyelaman non-dekompresi yang lebih banyak .

Ini berarti lebih banyak waktu di bawah air, terutama pada penyelaman scuba berulang (repetitive dive).

Dalam kursus ini  Anda kan belajar tentang teknik untuk mendapatkan waktu menyelam lebih lama dengan menggunakan diperkaya udara Nitrox; pengetahuan tentang pemilihan dan pemeliharaan alat diving;  serta pengetahuan tentang udara diperkaya, termasuk mengelola paparan oksigen, bagaimana cara mengetahui apa yang ada di dalam tabung scuba dan bagaimana cara mengatur komputer selam Anda.

NadipatiDC menyelenggarakan kursus Nitrox, jika berminat kontak kami segera.

Aria: 0818796937, Hendrata Yudha 08128370550

Posted in General Article and tagged , , , , , , .