General Article

Dr. Bruce Wienke Pengembang Tabel Selam RGBM khas NAUI

AS, Dalam kelas teori open water NAUI, ilmu tentang tabel selam US Navy, tak lupa diajarkan tabel khas RGBM. Dr Bruck Wieke mengembangkan  RGBM (Reduced Gradient Bubble Model) yang merupakan algoritma untuk menghitung penghentian dekompresi yang diperlukan untuk profil penyelaman tertentu.

Tabel ini terkait dengan Varying Permeability Model tetapi secara konseptual berbeda karena menolak model permeabilitas yang bervariasi dari model kelahiran gelembung (gel-bubble). Algoritma Ini digunakan di berbagai komputer selam, terutama yang dibuat oleh Suunto, Aqwary, Mares, HydroSpace Engineering, dan Underwater Technologies Center.

Dr. Wienke adalah manajer program di Kantor Simulasi dan Komputasi Teknologi Senjata Nuklir Los Alamos National Laboratory (LANL), sebelum bergabung dengan organisasi Suunto, tempat dia melakukan penelitian hingga kematiannya pada 15 Februari 2020.

Selain kehidupan kerjanya yang sangat berprestasi, dia bekerja secara aktif dalam industri selam sebagai konsultan algoritma dekompresi dan bekerja pada komputasi kinerja tinggi dan aplikasi komunikasi menyelam dengan Divers Alert Network, DAN, serta NAUI yang kita kenal.

Seorang penyelam yang jeli dan pemain ski yang menuruni bukit, prestasinya dan kesuksesan besar yang dia lihat dalam penghargaannya mencerminkan minat Dr. Wienke dalam menyelam. Seorang Pelatih Pelatih NAUI dan Instruktur Bersertifikat, Instruktur Utama PADI, Direktur YMCA Institute dan Instruktur SDI / TDI / Instruktur Teknis termasuk di antara resume yang mengesankan.

Warisan Dr Wienke terletak di jantung banyak komputer selam yang digunakan para penyelam saat ini karena dia membuat penyelam lebih aman di air. Tabel RGBM menjadi model yang disukai karena penggunaan yang mudah dipahami, seperti membaca garis tangan sendiri.

Dr. Bruce Wienke adalah tokoh industri selam yang dihormati dan dihormati secara luas, terutama oleh keluarga NAUI. (hendrata Yudha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *