General Article

Robot Penyelam Avatar Sudah Hadir, Apakah Petualangan Scuba Diving Tergantikan?

Zaman digital, semua bisa dilakukan dari dalam rumah. Kini petualangan bawah laut yang harus dilakukan secara fisik, benar-benar pergi ke bawah air, mendapat tantangan. Telah hadir robot bawah air OceanOne, robot avatar yang memungkinkan manusia menjelajahi jauh di bawah permukaan lautan, tanpa ada bahaya atau batas waktu yang terkait dengan menyelam.

Sementara penyelam manusia terkendala oleh hal-hal fisik seperti batas maksimal udara yang dibawa, tekanan udara dan hukum-hukum fisika yang membatasi waktu penelitian atau penggalian bawah air. Robot Avatar dapat bertahan di bawah air lebih lama, mengumpulkan sampel di lingkungan bawah air yang tidak bersahabat.

OceanOne diuji di situs arkeologi kapal karam La Lune di lepas Pantai Prancis. La Lune, adalah kapal andalan yang tenggelam di Mediterania pada tahun 1664. Terletak di kedalaman 100 meter, jauh di luar jangkauan penyelam rekreasi SCUBA, yang membatasi diri hingga 40 meter.

Tidak seperti kapal selam, yang memiliki kemampuan terbatas untuk mengambil sampel yang halus, dan memiliki alat yang membutuhkan pelatihan ekstensif untuk digunakan, OceanOne dikendalikan oleh joystick haptic. Alat control ini memudahkan operatornya merasakan cahaya atau berat benda apa pun yang dipegangnya, sehingga memberi para peneliti rasa memiliki lengan di bawah air seperti penyelam biasa.

“Anda dapat merasakan apa yang dilakukan robot,” kata Oussama Khatib, pemimpin proyek OceanOne. “Hampir seperti kamu di sana; dengan indera peraba kamu menciptakan dimensi persepsi yang baru,” katanya seperti dilansir popular Science.

Sementara tes pertamanya adalah di atas kapal karam, inspirasi awal untuk OceanOne adalah untuk menciptakan sesuatu yang akan memungkinkan para peneliti mengeksplorasi terumbu karang yang luar biasa dalam (dan relatif tidak dipelajari) di Laut Merah.

Peneliti lain sedang mengerjakan teknologi serupa, seperti tangan robot yang dapat dilampirkan pada kapal selam. Dan robot sudah memiliki tempat dalam penjelajahan bawah laut, menemukan monster dan bangkai kapal. Ada beberapa drone laut yang lebih kecil juga dalam karya tetapi tidak ada yang memiliki kekuatan yang kuat dari OceanOne. (hendrata yudha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *